5 Cara Mengelola Keuangan Usaha Buat Kamu Yang Masih Pemula!

Lakukan pelaporan dan pembayaran pajak sesuai aturan yang telah ditetapkan. Selain itu, jika memiliki pinjaman modal usaha, cicilan, atau tagihan bisnis lainnya, Tembak ikan lakukan pembayaran secara tepat waktu. Keterlambatan pembayaran biasanya akan dikenai dengan bunga serta denda, dan ini jelas akan merugikan usaha Anda.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan risiko finansial, seandainya terdapat risiko kecelakaan atau sakit. Asuransi jiwa akan memastikan modal perusahaan tidak tergerus untuk membayar fasilitas kesehatan yang diperlukan atau kehilangan pendapatan ketika Anda mengalami sakit. Tersedia asuransi jiwa seperti Flexi Life yang bisa membantu Anda untuk mempersiapkan dana untuk keluarga serta bisnis Anda apabila terjadi risiko meninggal dunia hingga 5 Milyar. Terus semangat mengembangkan bisnis Anda bersama teman karena #IGotYourBack. Pengelola boleh mengambil bagian dari uang modal sebagai biaya perjalanannya melakukan bisnis, sesuai dengan kebiasaan yang berlaku di kalangan pedagang.

“Bangsa ini maju kalau kaum muda, milenial, tidak mager , tidak auto rebahan, tapi justru harus menjadi agen perubahan. Sekarang, dengan memanfaatkan jaringan internet, bekerja pun bisa dilakukan dari rumah, dan bahkan dari tempat wisata. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, terjadinya pandemi Covid-19 telah memaksa masyarakat untuk mendigitalisasi seluruh kegiatan dan bisnis, sehingga investasi di sektor ini akan sangat menguntungkan. JAKARTA, KLIKPOSITIF – Gojek berkolaborasi dengan Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia untuk mendukung pelaku UMKM meningkatkan bisnis mereka. Ia menjelaskan, bantuan diberikan untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah maupun kepada pelaku usaha menengah dan besar .

Bagi debitur yang memiliki beberapa akad kredit/pembiayaan kumulatif Rp500 juta s.d. Rp10 miliar, subsidi bunga/subsidi margin diberikan untuk paling banyak 1 akad kredit/pembiayaan. PPh final zero,5% (PP 23/2018) ditanggung pemerintah untuk pelaku UMKM. Wajib pajak UMKM tidak perlu melakukan setoran pajak dan pemotong pajak tidak melakukan pemotongan pajak pada saat melakukan pembayaran kepada pelaku UMKM. Pengurangan jumlah lartas impor untuk produk pangan strategis yang digunakan dalam industri manufaktur, seperti garam industri, gula, tepung, jagung, daging, kentang, dll.

Restitusi PPN dipercepat untuk 716 bidang industri tertentu, perusahaan KITE, dan perusahaan di kawasan berikat yang PPN lebih bayar restitusinya paling banyak Rp5 miliar. Pengurangan angsuran PPh 25 dari sebelumnya 30% menjadi sebesar 50% untuk 1.013 bidang industri tertentu, perusahaan KITE, dan perusahaan di kawasan berikat. Pembebasan PPh 22 impor untuk 721 bidang industri tertentu, perusahaan KITE, dan perusahaan di kawasan berikat. PPh 21 ditanggung pemerintah untuk 1.189 bidang industri tertentu, perusahaan KITE, dan perusahaan di kawasan berikat. Menggratiskan jasa penerbitan Surat Keterangan Asal untuk seluruh eksportir. Tarif 0% pada PPh 21 bersifat final untuk tambahan penghasilan dari pemerintah berupa honorarium atau imbalan yang diterima orang WP Pribadi untuk tenaga kesehatan yang mendapat penugasan menangani COVID-19.

Pastikan setiap rekening diisi oleh transaksi sesuai dengan tujuan penggunaannya. Tentu saja, rekening usaha hanya untuk transaksi usaha, sedangkan rekening pribadi untuk transaksi sehari-hari. Tak sedikit yang bersikap tak acuh soal ini, sehingga mereka tidak bisa melakukan analisis keuangan yang baik untuk meningkatkan penghasilan.

Tips agar mengelola modal usaha

Dengan begitu modal cepat kembali dan bisnis Anda segera meraih keuntungan. Biasanya banyak orang menggunakan jasa administrator atau auditor dalam mengontrol arus kas maupun menetapkan standar keuangan dengan baik. Akan tetapi, menggunakan jasa administrator dan auditor jelas menambah pengeluaran usaha Anda nantinya. Prinsipnya perusahaan yang sehat pabila keuntungan yang diperoleh bisa lebih besar daripada pengeluaran.

Bisa juga mereka tampil hanya sebagai peminjam uang, kalau karena satu hal atau karena alasan tertentu pihak bank tidak bisa memberikan pinjaman lunak . Terkadang mereka menggabungkan tugas sebagai pemilik sekaligus pengelola modal, kalau pihak bank hanya menyediakan sebagian modal yang dibutuhkan oleh proyek. Dan dengan usaha yang mereka lakukan, mereka menjadi pengelola modal. Seorang pengelola modal tidak berhak membeli barang lebih banyak dari modal untuk investasi itu, karena itu berarti ia menambah tanggungjawab pemilik modal tanpa keridhaannya.