Asosiasi Rumah Sakit Bongkar Parahnya Situasi Covid

Asosiasi Rumah Sakit Bongkar Parahnya Situasi Covid

Tergantung jenis pemeriksaan lanjutan yang dijalani, lama proses pemeriksaan, dan ketersediaan ruang perawatan. Ia menyebut, mereka hanya menanti proses screening semisal tes PCR dan menanti ruang perawatan kosong. Mereka menanti ruangan perawatan kosong selama beberapa jam atau bahkan sehari lebih. Selain itu, tempat tidur di ruang operasi khusus bagi pasien Covid-19 disediakan 23 kasur, dan tersisa 2 kasur. Kemudian, untuk tempat tidur di ruang cuci darah khusus bagi pasien Covid-19 disediakan forty three unit, dan tersisa three unit.

Namun demikian, Wiku ingin menggambarkan, soal data tersebut perlu menjadi perhatian dan bukan menjadi hal yang menakutkan. Sebab dari 7 rumah sakit yang penuh, keterisian penuh tersebut masih 10,5 persen dari jumlah keseluruhan. Berkali-kali ia mengucapkan kata gelo saat menceritakan pengalaman mengantarkan pasien COVID-19. Kadang ia pun tak sampai menuntaskan kalimatnya saat berbicara tentang pasien positif COVID-19 yang diantarkan ditolak rumah sakit karena kamar sudah penuh. Dalam kondisi genting begini, RS swasta dengan daya tampung yang besar sudah sepatutnya menambah ruangan untuk merawat pasien Corona.

Sementara bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan, dia melanjutkan, dianjurkan untuk ke Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. Sedangkan untuk pasien Covid-19 tanpa gejala dianjurkan untuk isolasi mandiri. Merdeka.com – Tempat tidur untuk pasien berjejer di lorong-lorong rumah sakit. Terdapat tabung oksigen setinggi 1,5 meter tak jauh dari tempat tidur mereka. Lalu, untuk jumlah keseluruhan tempat tidur isolasi dengan tekanan negatif dan tanpa tekanan negatif sebanyak four.626 unit. “Kita harus mulai dari hulu, diri sendiri, keluarga sendiri, untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan baik, agar tak bertambah lagi jumlah kasus positif yang sudah sangat banyak ini,” ucapnya.

Rumah sakit di Jakarta sudah penuh

Machli mengatakan bahwa sembilan rumah sakit di Kota Banjarmasin telah menyiapkan 600 lebih tempat tidur untuk merawat pasien COVID-19. “Saat ini masih mencukupi, tapi kita harus bersiap juga kalau ada lonjakan yang tidak diinginkan,” katanya. “Tadinya kan kita mau menjadikan Balai Diklat Dinsos untuk dijadikan RS darurat COVID-19, namun dirasa itu kurang pas, karena tempatnya yang berjauhan dengan RS hingga merepotkan tenaga kesehatan nantinya,” kata dia.

Kemarin, keadaan sepupunya yang sedang mendapat perawatan di instalasi gawat darurat RSUD Tangerang, mulai drop. “Sekarang ini tidak harus menunggu dua kali hasil negatif, kalau sudah diobati dan sembuh boleh pulang, nanti dilanjutkan isolasi mandiri,” tutur Kadir. Menanggapi hal ini, Plt Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Abdul Kadir mengatakan bahwa hal tersebut tidak benar, hingga kini ketersediaan tempat tidur untuk perawatan pasien COVID-19 masih mencukupi. Kemenkes meminta agar rumah sakit optimalkan konversi tempat tidur, dan khususnya rumah sakit umum daerah one hundred pc jadi tempat perawatan COVID-19. “Memang kita menghadapi tantangan soal BOR, banyak masyarakat yang mengantre, belum bisa masuk rumah sakit,” ujar Anies seusai rakor tersebut. Bahkan, kata Anies, banyak juga pasien Covid-19 sulit masih masuk ruang IGD dan mengantre di lorong-lorong Rumah Sakit.

Cerita yang sama berlaku bagi Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso yang mengalami penuhnya tempat tidur imbas dari melonjaknya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah DKI Jakarta. “Paling kita bisa masuk beberapa , masih menunggu pasien pulang sehingga pasien baru bisa masuk esok harinya,” tuturnya. Ihwal antrean itu, Erlina menuturkan, pihaknya mesti menunggu pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh untuk dapat tempat tidur kosong. Sehingga, pasien rujukan yang mengantre bisa mendapat tempat tidur tersebut. “U Stay kapasitas a hundred Bandar Slot Online and forty itu untuk wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Selatan,” ucapnya.

Comments are closed.