Otoritas Jasa Keuangan

Dari sisi pemerintahan dan otoritas lainnya, diminta tetap fokus dalam penanganan virus corona serta menanggulangi dampak ekonomi dari wabah ini sehingga dapat tetap menjaga confidence pelaku pasar khususnya investor asing. “Sehingga dapat membatasi capital flight yang selanjutnya dapat membatasi pelemahan nilai tukar rupiah,” pungkasnya. Selain itu, penting juga bagi pemerintah untuk memperhatikan sektor usaha.

Inovasi itu sendiri sebagian besar telah didefinisikan sebagai “ide, praktik atau objek yang dianggap baru oleh individu atau unit adopsi” (Rogers, 2003; Fagerberget al, 2005). Ide, praktik atau objek yang dianggap baru oleh pemerintah daerah saat ini adalah menciptakan berbagai terobosan program dan pembiayaan baru yang dapat mendorong proses percepatan pemulihan ekonomi daerah. Berdasarkan knowledge tersebut, maka terlihat antusiasme pemerintah daerah untuk mengajukan pinjaman kepada pemerintah pusat guna mendukung pemulihan ekonomi nasional. Meski demikian, untuk mempercepat pemulihan ekonomi daerah, pemda tidak dapat hanya mengandalkan anggaran dari APBN untuk menutup defisit anggarannya. Saat ini krisis menuntut daerah untuk mampu berinovasi, baik dalam program maupun pembiayaan, sehingga akselerasi pemulihan ekonomi daerah dapat segera tercapai.

Tentu Anda tidak harus menunggu krisis untuk menyiapkan dana darurat. Keadaan darurat juga bisa datang saat tiba-tiba rumah tertimpa pohon dan kondisi dompet sedang menipis. Sementara renovasi harus sesegera mungkin dilakukan agar rumah kembali aman untuk ditinggali. Penyebabnya bisa berasal dari diri sendiri atau dari faktor “luar”, misalnya krisis ekonomi.

Mengatasi krisis keuangan

Dalam situasi krisis yang paling besar menerima dampaknya adalah perempuan. Sebagai pengelola ekonomi rumah tangga, perempuan tidak dapat berdiam diri terlebih melihat melonjaknya berbagai kenaikan harga kebutuhan pokok. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi dan struktur jaringan sosial manakah yang dipergunakan perempuan dalam mengatasi krisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kaum perempuan desa sangat gigih dan ulet dalam mengatasi kesulitan hidup keluarga. Segala upaya dilakukan perempuan tanpa rasa malu guna menutup kekurangan ekonomi keluarga. Dengan meningkatkan ketrampilan yang dimiliki perempuan menjadi suatu usaha produksi rumah tangga dan membentuk suatu kelompok merupakan salah satu strategi efektif dalam mengatasi krisis ekonomi.

Pemerintah memutuskan untuk menyelamatkan Bank Century dengan pemberian bailout sebesar Rp6,7 triliun. Keputusan itu mendatangkan pro dan kontra, bahkan DPR sampai menggunakan Hak Angket untuk mempertanyakan keputusan bailout Bank Century tersebut. “Dengan tidak diterapkannya penjaminan penuh, perbankan nasional harus menghadapi masalah ekstra yaitu goyahnya deposan yang mulai memindahkan simpanannya ke Singapura dan negara-negara lain yang menerapkan penjaminan penuh,” tulis Boediono. Sektor perbankan lagi-lagi menjadi titik paling rawan saat krisis menerjang. Senada dengan pasar saham, kinerja pasar obligasi sebenarnya sempat membaik pada semester I. Namun, pada semester II pasar obligasi mulai melemah dan mencapai puncaknya pada Oktober 2008, saat harga rata-rata obligasi negara terkoreksi hingga 27,4 Judi slot deposit pulsa%.

Ekonom Senior Chatib Basri mengatakan perekonomian Indonesia pada awal 2021 ini telah menunjukkan perbaikan dengan pola pemulihan yang berbentuk lambang sepatu Nike atau swoosh-shaped. Mantan Menkeu period SBY ini pun memperkirakan ekonomi Indonesia pada kuartal dua 2021 pun akan mencatat pertumbuhan yang signifikan akibat foundation pertumbuhan yang rendah pada kuartal dua 2020 terkontraksi minus 5,32 persen. Mereka terdiri dari para ulama, tokoh pemerintah, DPR, pengurus DPP LDII, dan undangan khusus serta panitia.

Uang yang seharusnya di tabung atau diinvestasikan akan habis untuk membeli barang yang sebenarnya tidak berguna. Krisis ekonomi cenderung membuat seseorang nekat meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan hidup yang kurang. Oleh sebab itu, ikuti langkah berikut ini agar tidak terbelenggu dalam hutang.

Proses ini tidak akan berjalan secara instan karena Anda perlu melihat knowledge terlebih dahulu. Satu hal lagi yang harus diperhatikan yaitu harus selalu rutin memonitor arus kas perusahaan Anda. Karena hal ini akan membantu Anda dalam mengevaluasi pendapatan dan pengeluaran perusahaan dengan lebih terperinci.

Karena kondisi bisa berubah langsung dari yang diharapkan regular menjadi tidak regular lagi,” kata Eko Endarto. Terkait dengan pengelolaan keuangan selama masa pandemi sekaligus untuk mengantisipasi krisis, menurut Eko Endarto, ada empat hal yang sebaiknya dilakukan. Perencana keuangan dari Finansia Consulting Eko Endarto mengatakan, meski Indonesia belum mengalami krisis seperti Singapura dan Korea Selatan , masyarakat sebaiknya melakukan antisipasi, terutama dalam pengelolaan keuangan. Dia menilai, arah kebijakan yang diambil pemerintah saat ini sudah mengarah ke penyelamatan kedua sisi. Yakni dengan mengucurkan dana sebesar Rp 405 triliun untuk Jaring Pengaman Kesehatan, Pengaman Sosial, Pengaman Sektor Riil, dan Pengaman Sektor Keuangan. Sebaliknya, jika pemerintah menerapkan kebijakan kesehatan yang moderat, maka resesi ekonomi tidak akan terlalu dalam.