Sudah Saatnya Kita Melek, Ini Dampak Krisis Kesehatan Terhadap Kondisi Ekonomi Indonesia

Sudah Saatnya Kita Melek, Ini Dampak Krisis Kesehatan Terhadap Kondisi Ekonomi Indonesia

Semoga para bidan di seluruh dunia semakin bisa bersikap profesional dan kompeten dalam melaksanakan tugas mulia dan mempersiapkan masa depan untuk anak-anak Indonesia. International Firefighters’ Day merupakan waktu bagi warga dunia untuk memberikan penghargaan atas pengorbanan para pemadam kebakaran yang telah berjasa menyelamatkan masyarakat dan lingkungan. Di hari tersebut, biasanya juga diberikan penghargaan kepada mantan pemadam kebakaran yang telah memberikan kontibusinya bagi masyarakat. Penetapan tanggal 24 April itu menilik pada hari terakhir pelaksanaan KAA 1955 yang menghasilkan kesepakatan Dasasila Bandung. Sementara Bandung dipilih sebagai ibu kota solidaritas Asia-Afrika karena menjadi tempat pertama kali dilaksanakannya KAA.

Di dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik sendiri, sebagai dasar dalam penyelenggara pelayanan publik dalam memberikan pelayanan tidak diatur mengenai pembatasan pelayanan publik, sebagaimana yang diterapkan oleh penyelenggara pelayanan publik saat ini,. Tetapi berdasarkan undang-undang ini diatur bahwa penyelenggara pelayanan publik mempunyai kewajiban untuk memenuhi komponen standar pelayanan minimal seperti persyaratan, dasar hukum, sistem mekanisme prosedur, jangka waktu penyelesaian, biaya, produk layanan, Kakek Merah dan lain-lain sesuai dengan dalam Pasal 21. Sehingga walaupun ada kebijakan pembatasan pelayanan publik tersebut, penyelenggara pelayanan publik tetap harus mematuhi standar pelayanan minimal dengan tetap memperhatikan hak dan kewajiban masing-masing pihak baik penyelenggara maupun masyarakat, sebagaimana diatur dalam BAB IV dari Pasal 14 sampai dengan Pasal 19. Sehingga walaupun terjadi pembatasan dalam pemberian pelayanan publik, tetapi penyelenggara masih memberikan pelayanan publik yang efektif dan prima kepada masyarakat.

Efek covid memberikan dampak pada ekonomi negara

Jika selama ini manusia-manusia dipaksa hidup dalam situasi serba cepat, pekerjaan tanpa henti, dan kejaran goal pertumbuhan ekonomi dalam sistem kompetisi. Namun, persebaran virus Corona (Covid-19) yang menjadi krisis besar manusia trendy, memaksa kita untuk sejenak bernafas, berhenti dari pusaran sistem, serta melihat kembali kehidupan, keluarga, dan lingkungan sosial dalam arti yang sebenarnya. Manusia dipaksa ‘berhenti’ dari rutinitasnya, untuk memaknai apa yang sebenarnya dicari dari kehidupan. Keuntungan yang diperoleh pelaku usaha mengalami penurunan akibat wabah Covid-19, baik dari sektor pariwisata maupun sektor penerbangan sepi penumpang akibat kebijakan social distancing. Di sektor industri pabrik, produksi juga mengalami penurunan akibat banyaknya karyawan yang di-PHK serta dipulangkan oleh perusahaan sehingga mengakibatkan banyak orang menganggur. Negara Indonesia pun juga harus menghadapi peningkatan jumlah pengangguran, kondisi kinerja yang menurun, aktivitas ekonomi yang melambat dan penyebaran virus yang masih terus meningkat.

Lonjakan penganggur menjelang puncak bonus demografi itu tentu menyedihkan bagi Indonesia. Pasokan tenaga kerja produktif yang melimpah justru tidak bisa terserap pasar atau tidak bisa berusaha mandiri akibat pandemi Covid-19 yang belum jelas sampai kapan akan berakhir. Meski pemerintah telah menyiapkan kenormalan baru untuk mengatasi dampak ekonomi dan kesehatan akibat korona, hal itu bukan otomatis akan langsung menghidupkan kembali dunia usaha. Aktivitas pelaku usaha yang terdampak pandemi covid-19 baik di sektor riil maupun sektor keuangan, termasuk bagi kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah dari program stimulus pemerintah ini sangat membantu karena tekanan pandemi Covid-19 yang sangat dasyat. Langkah yang diambil pemerintah dengan berbagai insentif sudah sangat tepat karena mendorong perekonomian masyarakat, misalnya dapat meningkatkan kenaikan konsumsi rumah tangga yang saat ini masyarakat lebih memprioritaskan kebutuhan sehari-hari untuk keberlangsungan hidupnya. Penerapan smart mobility merupakan bagian dari perwujudan kota pintar atau good city.

Yang tadi saya sampaikan skenario adalah sebagai ahead trying yang kita akan cegah supaya tidak akan terjadi. Oleh karena itu BI akan terus berkomitmen menjaga stabilitas nilai tukar rupiah,” ujar Perry. Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan ekonomi Indonesia bisa tumbuh negatif akibat pandemi Covid-19. Menurut laman resminya, BRICS merupakan tempat berdiam forty two persen warga dunia, berkontribusi atas 26 persen luas permukaan Bumi, dan menyumbangkan 27 persen produk domestik bruto dunia.

Krisis tersebut mengguncang fondasi ekonomi dan politik Indonesia, dan menjadi awal sebuah period baru yang penuh dengan tantangan dan peluang. “Bahkan, dari sektor otomotif ini memberikan dampak luas kepada lebih dari 1,5 juta orang yang bekerja di sepanjang rantai nilai industri tersebut,” ungkapnya. Industri otomotif dinilai memiliki peran penting dan strategis sehingga dimasukkan ke dalam peta jalan Making Indonesia 4.zero, yang mendapat prioritas pengembangan dalam implementasi industri 4.zero. “Sektor ini telah menyumbangkan nilai investasi sebesar Rp99,16 triliun dengan whole kapasitas produksi mencapai 2,35 juta unit per tahun dan menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 38,39 ribu orang,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Jumat (19/2).

Comments are closed.