Tetap Sehat Meski Di Rumah

Tetap Sehat Meski Di Rumah

“Pemberian ASI yang optimal sangat penting karena merupakan salah satu cara paling efektif untuk memastikan kesehatan dan keberlangsungan hidup anak,” tambahnya. Selain itu, mengingat sistem kesehatan Indonesia saat ini difokuskan untuk penanggulangan krisis COVID-19, layanan konseling dan dukungan dari konselor bersertifikat bagi ibu menyusui turut terkendala. Menurut survei nasional yang dilakukan oleh Kemenkes RI dengan dukungan UNICEF, konseling menyusui di masa pandemi hanya menjangkau kurang dari 50 persen ibu dan pengasuh anak berusia di bawah dua tahun.

Jadikan kebiasaan untuk mencuci tangan pakai sabun setelah dari luar rumah atau sebelum memasuki sekolah atau tempat lain dengan anak. Mencuci tangan adalah cara yang mudah, murah, dan efektif untuk mencegah penyebaran virus serta menjaga anak-anak dan orang dewasa tetap sehat. Cucilah tangan dengan air mengalir menggunakan sabun secara rutin setidaknya selama detik. Cuci tangan penting dilakukan saat sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, berpergian, serta setelah batuk dan bersin. Cuci tangan juga sangat penting dilakukan sebelum menyusui bayi atau memerah ASI.

Disarankan untuk tetap dirumah saja

Tidak memerlukan alat-alat yang terlalu berlebihan, dan dapat diakses dengan mudah secara online. Melihat jumlah kasus yang terus naik, sementara butuh waktu bagi penderita untuk terindikasi sakit. Ini berarti bahwa respons yang efektif saat ini tetap tinggal di rumah hingga aman. Saat ini pemerintah telah melakukan gerakan work from home yang berguna untuk sebagian pekerja di Indonesia.

Agar bisa menulis dan menggambar, otot-otot halus pada tangan harus kuat. Begitu pula dengan keseimbangan dan kekuatan otot kaki yang bisa dilatih dengan memanjat, misalnya. Aktivitas fisik ini bisa dilakukan di halaman rumah bersama anggota keluarga serumah lainnya. Untuk suplemen itu dianjurkan, apabila kita dalam keadaan defisiensi zat gizi tersebut. Karena semua sudah bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makan yang beranekaragam sesuai dengan pedoman gizi seimbang.

Selama pandemi, memakai masker setiap bepergian ke luar rumah – menjadi langkah pencegahan penularan virus yang sangat efektif. Masker dapat melindungi bagian wajah dari droplets seseorang yang mungkin mengandung virus. Physical distancing dilakukan paling tidak selama 14 hari karena virus corona sendiri memiliki waktu inkubasi selama 14 hari. Poin utama dari bodily Bola Online distancing adalah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Dalam keramaian, semisal di pasar atau di dalam bis, jaga jarak dengan orang lain, minimal sejauh jangkauan lengan . Karena itu, orang tua harus menyiapkan perlengkapan cairan pembersih tangan, tisu pembersih/ pengering dan tisu atau lap disinfektan. Dari bukti-bukti yang ada , virus corona baru dapat ditularkan di SEMUA AREA, termasuk daerah dengan cuaca panas dan lembab.

Ditambah lagi dengan kecemasan akibat bombardir pemberitaan melalui media terkait ancaman virus COVID-19. Ikatan Fisioterapi Indonesia memandang hal ini merupakan downside kesehatan lain dampak dari virus COVID-19 yang juga harus diperhatikan. Penggunaan tabir surya atau sunscreen juga tetap disarankan bagi pemilik kulit berminyak.

Comments are closed.