Tips Mencegah Stres Saat Bekerja Di Rumah Wfh

Tips Mencegah Stres Saat Bekerja Di Rumah Wfh

Bahan yang Anda butuhkan pun cukup sederhana, yaitu sebuah pulpen dan secarik kertas. Anda bisa melakukan kegiatan ini saat bosan terperangkap dalam rapat mingguan, sedang berbicara melalui telepon, atau saat Anda sedang menggemeratakkan gigi akibat merasa cemas. Cara mengatasi stress satu ini, mendukung Moms berbicara dengan seseorang, sehingga bisa berbagi emosi dan pengalaman, memberikan atau menerima dukungan yang membuat diri merasa terhubung. Psikolog klinis Paula A. Madrid, dari New York City, merekomendasikan untuk membuat jadwal harian kegiatan sederhana untuk dilakukan, seperti menelepon teman, mencoba resep baru, atau berkebun. Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk membantu diri kita terlepas dari stress, seperti berikut ini. Kondisi ini tanpa disadari mengakibatkan panik dan stress di saat bersamaan.

Manusia adalah makhluk sosial yang artinya manusia tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan peran orang lain. Dengan begitu anda akan tidak merasa cemas dan temper anda akan kembali naik. Jakarta, Beritasatu.com – Pembatasan Sosial Berskala Besar sudah ditetapkan oleh pemerintah di sejumlah wilayah. Hal ini membuat banyak orang semakin lama harus tetap tinggal di rumah, untuk menekan angka penularan virus Corona baru atau SARS-CoV-2.

Selain itu kondisi rumah yang bersih dan segar memiliki dampak yang besar pada kesehatan mental, yaitu dengan membuat diri merasa lebih berenergi, segar, dan rileks. Palapanews.com – Di masa pandemi menjaga sistem imun atau sistem kekebalan tubuh menjadi hal yang wajib dilakukan untuk menangkal virus. Pandemi ini juga membuat banyak orang merasa bingung, cemas, takut, dan ada juga yang frustrasi. Perasaan takut jika tertular dan mengalami perburukan hidup, harus menghadapi kematian seorang diri dan masih banyak pikiran kecemasan yang muncul sehingga bisa saja menimbulkan gangguan. Belum lagi anak-anak yang harus menjalani pendidikan di rumah, ruang bermain dan bersosialisasi dengan teman menjadi terbatas. Yang memiliki anggota keluarga lanjut usia khawatir bagaimana menjaganya karena lansia termasuk kelompok yang rentan.

Mulai belajar sesuatu yang baru juga bisa jadi salah satu cara agar terhindar dari stres. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan untuk mengatasi stres di sekolah, maupun di manapun kamu belajar. Nah, untuk itu, kita tidak boleh menyepelekan olahraga demi kesehatan fisik dan psychological kita. Olahraga yang dapat kita lakukan di rumah saat ini adalah yoga, aerobik, dan lari. Tetapi, olahraga lari dapat kita lakukan jika kita memiliki treadmill di rumah karena jika kita lari di luar, kita diwajibkan memakai masker yang dapat menyebabkan kita susah bernapas dan kurang nyaman. Selain itu, langkah lain yang dapat ditempuh adalah mempertahankan gaya hidup sehat.

Beberapa cara untuk tidak stress saat dirumah

Memiliki suasana hati yang baik berarti seseorang memiliki kontrol diri yang efektif Olah raga adalah investasi, tidak hanya dalam menghilangkan stres dan mendapatkan kesehatan yang lebih. Suasana hati yang lebih baik jika dikombinasikan dengan tampilan yang menarik akan memberikan dorongan dalam diri yang meningkatkan rasa percaya diri. Istilah ini disebut dengan Work From Home atau WFH yang dimana semua kebiasaan bekerja yang dilakukan di kantor kini dilakukan di rumah masing-masing dan semuanya digantikan dengan komunikasi jarak jauh. WFH memiliki sisi positif dan negatif bagi setiap pegawainya contoh kecil sisi positifnya yaitu lebih dekat dengan keluarga yang selama ini biasanya bekerja di kantor sekarang menjadi bekerja di rumah.

Agar stres tidak semakin berat atau menimbulkan masalah kesehatan, penting bagi setiap orang untuk bisa mengurangi dan mengendalikan stres dengan baik. Saat stres melanda pikiran Anda, sebagian besar orang salah mengambil langkah untuk mengatasinya. Misalnya, melampiaskan stres dengan ngemil terus-menerus, minum alkohol, atau Bola Online menggunakan obat-obatan terlarang. Jika napas panjang justru semakin memicu kecemasan, jangan memaksakan. Hal yang paling penting, lebih panjangkan hembusan napas keluar dari tarikan napas Anda. Atur timer dan bernapas dengan cara ini setidaknya selama lima menit agar Anda dapat melihat perbedaan dalam suasana hati Anda.

Di tengah kondisi yang tidak menentu seperti ini, memang bagus untuk tetap update dengan berbagai informasi terkini. Dengan demikian pula, Moms bisa bertukar kabar dengan kerabat yang sudah lama tidak bertemu. Mencemaskan keadaan orang tersayang berlebihan juga bisa menjadi faktor penyebab stress.

Demikian beberapa ideas dalam mengasuh anak sekaligus bekerja dari rumah di tengah pandemi covid-19. Semoga Anda sekeluarga bisa tetap tenang dan beraktivitas dengan penuh keceriaan meski berada di dalam rumah. Ingatlah untuk mematuhi semua anjuran pemerintah agar tetap berada di rumah dan menjaga kesehatan keluarga dengan baik. Meski pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan jaga jarak dengan sesama, bukan berarti Anda dan keluarga tidak bisa bersosialisasi, lho. Sebaiknya, tetap jalin hubungan baik dengan teman ataupun kerabat melalui media sosial dengan bantuan teknologi seperti, smartphone dan web. Anda bisa kok melakukan chatting maupun video name di kala sedang beristirahat setelah melakukan rutinitas harian.

Comments are closed.