Pandemi Covid

Pandemi Covid

Stimulus fiskal bisa diberikan pada wirausaha berbasis daring yang sudah semakin banyak dikenal masyarakat selama masa PSBB. Pada kuadran berikutnya yakni kuadran Perombakan kebijakan umum , pilihan kebijakan strategis perlu direvisi kembali karena perkiraan dan proyeksi anggaran pemerintah yang telah ditentukan pada tahun sebelumnya pasti mengalami perubahan asumsi. Walaupun pemerintahan dinilai stabil dan solidaritas sosial menguat karena munculnya kepedulian sesama warga negara, tetapi karena durasi pandemi yang tak menentu memaksa perubahan kebijakan umum anggaran yang mendasar.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah juga jadi salah satu yang merasakan dampak corona terhadap perekonomian. Mereka mengaku kehilangan pelanggan, hingga mencapai 50% lebih, yang diakibatkan oleh adanya anjuran physical distancing dan di rumah saja. Hal ini menyebabkan penjualan menurun karena tidak ada masyarakat yang ke luar rumah untuk berbelanja. Aktifitas di pasar keuangan yang dilakukan masyarakat juga bisa ikut terdampak resesi ekonomi. Instrument investasi akan terkena imbas resesi ekonomi karena menurunnya nilai portofolio atau asset perusahaan seperti saham akibat resesi yang terjadi. Larangan untuk mudik sebaiknya diberlakukan tidak hanya kepada ASN namun ke seluruh aspek masyarakat sehingga penanganan pandemi ini optimum, karena tidak dipungkiri kecemburuan sosial dari ASN melihat aspek masyarakat lain dapat bertemu dengan keluarganya juga dapat menjadi faktor efektifitas kerja ASN.

Saat ini, hanya aktivitas ekonomi yang beralih ke on-line digital bisa bertahan menghadapi tantangan. Ketidakpastian hukum atau ketidakpastian mengenai kebijakan pemerintah juga merupakan salah satu hambatan utama karena Agen Bola Online membuat investor berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk berinvestasi di Indonesia . Misalnya, sejalan dengan UU Pertambangan 2009, Indonesia mengimplementasikan larangan ekspor biji-biji mineral pada Januari 2014.

Peninjauan dari sisi humanis perlu dikaji ulang seperti pemberian briefing setiap hari untuk menyemangati dan mengkonsolidasi kinerja para ASN dalam kondisi kerja darurat yang belom disiapkan sebelumnya. Lalu juga penyempurnaan sistem interaksi kerja perlu diperhatikan untuk meminimalisir kesalahan kerja atau informasi. Hasil konkret dana APBN pada masa pandemi, dikatakan Luky, disalurkan dalam bentuk bantuan Program Keluarga Harapan , Kartu Sembako, Program Indonesia Pintar, Insentif Nakes, Subsidi Listrik, serta banyak lainnya yang manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat.

Efek covid memberikan dampak pada ekonomi negara

“Masing-masing mobilitas penduduk ke pusat perbelanjaan turun -23%, ke perkantoran turun -29%. Terbatasnya pergerakan penduduk membuat sektor retail terpukul, industri manufaktur lakukan PHK massal dan jasa transportasi serta pariwisata alami resesi berkepanjangan,” tuturnya. Hampir semua sekolah dan universitas tutup sementara agar kegiatan belajar langsung tidak memperburuk infeksi virus covid-19. Penggunaan uang digital untuk membeli barang, karena uang kertas merupakan perantara penyebaran virus covid-19 yang mudah menular sehingga banyak orang menggunakan uang digital untuk menghindari penularan virus covid-19. “Namun juga perlu diperhatikan adanya peningkatan awareness dan daya beli konsumen untuk produk makanan dan minuman yang hygiene,” imbuhnya. Liputan6.com, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pandemi Virus Corona membuat seluruh sektor ekonomi terpukul.

Comments are closed.